Happiness is like glass. It may be all around you, yet be invisible.
But if you change your angle of viewing a little, then it will reflect light more beautifully than any other object around you

(Lelouch Vi Brittania)

Rabu, Oktober 07, 2009

Si Jadhul

“Wooeeee!!! Jadhul !!!!!” panggil Keke.
Yang dipanggil diem aja. Keke gemes liat sohibnya itu lola banget alias loading lama. Sekali lagi dia memanggil nama sohibnya sambil menepuk pundaknya.
“Lho? Ada apa, Ke?” tanya si Jadhul.
“Ada apa gimana !! Dipanggil-panggil dari tadi juga !” gerutu Keke.
“Lo manggil gue?”
“Iya, gue panggil-panggil ‘Jadhul ! Jadhul ! ’ Lo nggak noleh-noleh!”
“Jelaslah! Lagian nama gue bukan Jadhul kok. Jadhul itu siapa?”
“Ya, elo! Sapa lagi neng?”
“Lha, lha, lha kok bisa?” si Jadhul terheran-heran.
“Habis elo memang jadhul kok, jaman dulu!!” kata Keke gemas.
“Uuh! Uuh! Kagak mau! Nama gue kan bagus....Valmai Harumi. Valmai artinya bunga yang mekar di bulan Mei dan Harumi dari kata Haru yang artinya musim semi. Kok enak banget ngubah nama orang jadi jadhul....!!” jelas Mai kesal.
“Lha! Lha! Itu tuh yang jadhul dari elo! Lo tuh mikirnya kesannya kayak orang jaman dulu, penuh nasihat dan bla bla bla gitu lah!”
“Apanya sih!! Kemala! Emang gue harus ngomong gimana!” teriak Mai kesel.
“Ya jangan kayak nenek-nenek gitu! Ngomongin tren sekarang aja lo nggak nyambung...Weleh malah nyasar ke pepatah-pepatah nggak guna kayak gitu lah bingung gue malahan ngomong sama elo! Udah pulang yuk! Udah sore! Ngapain aja lo nggak pulang juga?” kata Keke pusing sendiri. Ada yang mau tau kenapa Mai disebut Jadhul?
Alkisah hiduplah seorang ‘Ceweper’ alias cewek super kuper yang bernama Valmai Harumi. Dia murid paling pinter di sekolahan tapi nggak ada yang berani ngomong sama dia karena auranya nggak enak seolah-olah dia arwah orang zaman perjuangan dulu sebelum Indonesia merdeka. Udah gitu dia nggak ngerti sama sekali tentang tren sekarang dan jadilah dia seorang cupu alias culun punya gitu.Hehehe.. Makanya dipanggil Jadhul, si jaman dulu. Tapi Jadhul punya rahasia. Dibalik penampilannya yang begitu, tersembunyilah kulit putih yang mulus bersih, rambut hitam lurus terawat, bulu mata lentik dan panjang dan bibir kayak Angelina Jolie. Nggak ada yang nyadar tentang hal itu kecuali Kemala dan Sang Pangeran. Pangeran?
Suatu hari dia bertemu dengan seorang cowok yang selanjutnya dia anggap sebagai pangerannya. Cowok itu udah menolongnya saat berdesak-desakkan untuk ngantri beli komik terbaru. Padahal keberadaanya seperti arwah dan nggak ada yang mau nolongin dia sampai sang Pangeran datang. Si Jadhul pun jatuh cinta padanya. Sang Pangeran yang nggak tahu itu Jadhul pun ikut tersepona melihat jadhul asli super cantik kayak Sarah Jessica Parker.
“Ngerti?” tanya Keke.
“Apanya?” Mai jadi lola lagi deh. Keke ngelus dada ngadepin orang yang lola butuh perjuangan dan kesabaran yang tinggi.
“Lo nggak mungkin jadian deh sama cowok itu kalo sifat lola en jadhul elo itu nggak elo ilangin! Ngerti?” jelas Keke. Jadhul monyongin bibirnya.
“Habis gue emang udah sejak dulu begini lahir batin. Lah gimana ngubahnya dong, Kemala?” si Jadhul semakin memelas saja di mata Keke.
Belum sempet Keke ngejawab pertanyaan melas si Jadhul Mai, seorang cowok berlari menghampiri mereka. Tiba-tiba jadhul pura-pura sibuk baca buku Kimia di tangannya..
“Keke!!” teriak si cowok yang tak lain adalah Sang Pangerannya si Jadhul.
“Lho? Rufiel? Lho? Elo kenapa Mai?” Keke mamandangi kedua orang itu bergantian bingung. Si Jadhul betulin kacamatanya, nyengir.
“Lho? Sama Valmai? Wah kebetulan! Gue ada perlu sama Valmai!” kata Rufiel senang. Si Jadhul kaget malu-malu, dan langsung sembunyi dibalik badan Keke.
“Napa lagi nih anak!” sahut Keke, kaget si Jadhul sembunyi di belakangnya.
“Tenang. Gue nggak mau macem-macem sama elo kok. Gue cuma mau ngliput profil elo di majalah sekolah. Lo kan peringkat 1 di sekolah. Gimana?” bujuk Rufiel.
“Iya, kenapa sih pake sembunyi segala? Rufiel kan niatnya baik! Keluar sana gih. Gue tungguin kok. Cuma wawancara doang kan?” tanya Keke mandang Rufiel yang ngangguk.
“Tapi jangan diekspos besar-besaran ya? Kemala, jangan ninggalin gue!” kata Mai sambil beringsut ke samping Keke.
“Iya, iya! Maap deh Rufiel, nih anak memang lola dan Jadhul.”
“Heeehhh, Kemala! Jangan panggil gue Si Jadhul di hadapan Pangeran dong!” teriak Mai merah padam. Keke dan Rufiel memandang Mai kaget.
“Jadi Sang Pangeran itu Rufiel ??!!” teriak Keke tak percaya. Dia sedih karena Rufiel itu cowok paling beken di sekolah, jadi nggak mungkin dia jadian dengan Mai yang jadhul.
“Gu...Gue? Memangnya Gue salah apa?” Rufiel malah bingung sendiri.
“Wah...wah....wa...Huweeee....” si Jadhul nangis sambil lari, malu.
“Oi, oi ! Gue salah omong ya?” Rufiel jadi ngrasa salah.
“Nggak kok! Maaf ya, gue nyusul dia deh. Bye!” kata Keke cemas.

♥♦♣♠ Jadhul comes back ♥♦♣♠
“What!! Lo nonton bokep?” teriak Jute. Rufiel ngelengos.
“Bokap tau!! Bukan Bokep!! Gue kemaren disemprot bokap gue! Dasar piktor lu! Mikir yang waras dikit napa?” sanggah Rufiel ngelempar buku ke arah Jute.
Si Jute alias Junadi Tekor (karena selalu tekor setiap saat) menghindar dari lemparan buku Rufiel senang. Cowok nyentrik ini sohib Rufiel yang selalu mikir yang nggak bisa di logika dan selalu piktor alias pikiran kotor. Yah, hampir mirip sama Jadhul tapi versi moderen. Lho gimana tuh jadinya? Pokoknya Jute ya selalu tekor en piktor.
“Liat kan! Gue masih waras! Kalo nggak gue udah sengaja kena lemparan lo!”
“Dasar wong edan! Lulusan pakem!” kata Rufiel sebel.
“Weleh-weleh ! Mending lulusan Pakem daripada lulusan Cipinang Jail !” balas Jute yang disusul lemparan kamus oleh Rufiel.
“Udah ah! Gue capek ngadepin lo! Gue mesti ganti hape lagi nih!” kata Rufiel.
“Lo itu udah 5 kali ganti hape! Dasar anak juragan! Emang yang sekarang kemana?”
“Di tempat sampah gara-gara dilempar nyokap gue.” Rufiel nyandar di kursi.
“Gara-gara kebanyakan nerima SMS dari cewek?” kata Jute. Rufiel ngangguk pasrah.
“Padahal mereka yang nempel, gue kan bukan playboy! Nggak kayak elo, Nyet!”
“Enak aja sapa yang lo bilang ‘Nyet’! Gue juga bukan playboy! Gue kan cowok yang setia! Terus, gimana? Udah nemu cewek yang tepat, boss?” tanya Jute iseng.
“Udah. Gue baru nyadar bulan lalu kalo dia anak kelas 2-E, kayaknya bertepuk sebelah tangan deh! Dia takut kalo ketemu gue! Tapi....” Rufiel mengingat sesuatu dan senyum-senyum. Jute merinding, ngeri.
“Nah lho! Kok jadi elo yang lulusan Pakem. Senyum-senyum kagak jelas gitu.”
“Gue seneng deh kayaknya dia melihat gue bukan cowok brengsek. Padahal gue yakin dia sebel liat gue sehari-harinya ditempelin cewek-cewek nggak jelas gitu deh.” Kata Rufiel berbunga-bunga. Auranya bikin Jute merinding liat cool-nya Rufiel hilang entah kemana cuma gara-gara mikirin cewek yang dia taksir. Pikiran Jute, Rufiel bayangin yang enggak-enggak.
“Emang sapa sih cewek yang bisa bikin elo kayak gini?” kata Jute akhirnya.
Rufiel berbisik di telinga Jute. Jute ngelompat kaget ke kusen jendela.
“HAAAAHHH!!!! SI JADHUUUUUUULLLLL!!” teriaknya nangkring di jendela.
“Ssttsss!! Jangan keras-keras bego!! Cepet turun monyet!” teriak Rufiel malu.
Nah lho! Pas itu lewatlah Si Jadhul yang dibicarakan di deket jendela tempat Jute nangkring. Sejenak mereka bertiga berpandangan, sebelum akhirnya si Jadhul lari, nangis.
“Aduuhh! Orangnya kabur deh! Maap ya Tuan!” kata Jute sambil sujud di hadapan Rufiel yang sudah siap membunuhnya kapan saja.
“Lo mau cepet ke neraka ya, dasar monyet Piktor!!” tanduk rusa eh maksudnya tanduk iblis Rufiel sudah muncul. Sang Iblis datang. Yaiks! Si Jute kabur ngibrit deh.
“Uh, gue harus minta maap deh. Dia pasti mikir yang enggak-enggak!” Rufiel menghela napas. ‘Gara-gara Jute bego!’ teriaknya dalam hati.
♥♦♣♠ Jadhul comes back ♥♦♣♠
“Huwee...huweee...huweee!! Ini gara-gara elo kemaren! Sekarang Pangeranku lagi ngetawain gue nih...Hancur sudah image-gue!” raung Mai di kelas.
“Iya deh maap,maap, maap banget.” Keke jadi ngrasa bersalah. Padahal dalam hati ‘Image elo udah ancur dari dulu neng!’. Tangisan Mai bikin semua orang di kelas jadi nyingkir semua nggak mau kena aura melas dan kejadhulan si Jadhul.
“Trus gimana nih!Lo bikin sesuatu yang udah nggak mungkin jadi tambah impossible deh!” Mai semakin keras nangis kayak kucing yang kejepit buntutnya dan nglantur tentang pepatah-pepatah kuno. Kecantikannya sedikit keliatan pas dia lepas kacamata.
“Gini deh! Gue coba ngomong sama Rufiel dulu ya! Udah stop nangisnya!”
Keke beranjak ke kelas Rufiel, tapi ditahan anak-anak.
“Ke, jangan pergi. Cuma elo yang bisa ngatasi si Jadhul. Bentar lagi bel masuk, bisa-bisa pelajarannya nggak dimulai lho, kalo dia nggak berhenti.” cegah Valen, sang ketua kelas.
“Nah, kalo gue nggak pergi sekarang! Dia bakal nangis sampe mati deh! Bentar aja kok, ntar gue balik lagi.” kata Keke ke anak-anak yang ngeri liat Mai nangis pilu.
Sampai di kelas Rufiel, Keke heran liat anak-anak pada maksa Jute di depan kelas.
“Ada apa sih, Te` ?” tanyanya sama Jute yang keringetan, pucet kayak tembok.
“Waaahhh!! Keke sang penyelamatku!” Jute nangis karena selamet dari kematian.
“Ini nih Jute udah bikin Rufiel BT abis! Nggak mau minta maaf lagi!”
“Lo ngapain sih bangunin monster Rufiel, Jute!” kata Keke gemes.
“Habis tadi gue nggak sengaja nyinggung dia!” Jute nangis deh.
“Ya udah gue aja yang ngomong sama dia!” kata Keke nyerah liat Jute yang lebay.
Di dalem, Keke sekuat tenaga ngelawan aura membunuh Rufiel dan berhasil ngomongin sesuatu. Setelah Keke keluar, aura Rufiel udah nggak kelam lagi. Anak-anak udah pada berani masuk. Jute langsung tuker tempat duduk, nggak berani dipelototin terus sama Rufiel. “Hai, Jute! Kenapa tadi lari?” sapa Rufiel, senyum. Jute yang ngeri langsung pipis di celana diikuti tawa dari yang lainnya. Rufiel ngakak deh berhasil ngerjain Jute..
“Jadi gini cara lo bales gue?” Jute masih bergeter, nangis lari ke WC. Rufiel ngakak.
Di kelas Mai, kehebohan mereda. Rupanya tangisan maut si Jadhul sudah berhenti. Anak-anak udah berani masuk deh. Dipikir-pikir, Rufiel dan Mai, dua-duanya punya aura maut.
“Jadi, Rufiel itu sayang elo Mai!” kata Keke lembut.
“Serius...? Ternyata dia kasihan sama gue ya?” kata Mai memakai kacamatanya lagi.
“Bukan!! Aduuh ni anak! Sayang bukan kasihan! Dia naksir elo!”
“Ah, thanks ya udah ngehibur gue..Tapi gue tau diri kok!” jawab si Jadhul.
“Aduuuuhhhh! SI JADHUUUULLLL INI!!!!” teriak Keke gemas.
“Huwa! Kok elo malah marah?” si Jadhul kaget.
“Kenapa ?!?! Ya karena elo Jadhul!! Kasihan Rufiel, perjuangannya bakal lama!”
“Dia mau jadi TNI ya? Kok berjuang? Emang mau perang dimana?”
“Iya!!! Perang melawan ke-Jadhulan elo!!
Akhir kata, si Jadhul tetaplah jadhul dan kisah cintanya bakal nggak punya ujung. Mungkin ke-jadhulan Mai akan berlanjut ke keturunannya dan membuat kisah ke-jadhulan yang baru lagi sampai membuat kita jadhul. Pusing deh. Hati-hati jangan sampai ketularan jadhul-nya. Doain juga Rufiel selamat dari kejadhulan Mai. Hehe...
♥♦♣♠ Jadhul forever ♥♦♣♠

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komeng, keripik pedas, sarang madu douzo...